News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum PRB Jatim Gelar Satuan Pendidikan Aman Bencana Di MTs Sunan Ampel Desa Siman

Forum PRB Jatim Gelar Satuan Pendidikan Aman Bencana Di MTs Sunan Ampel Desa Siman

 


Kabupaten Malang www.pintubatu.com - Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Timur (Forum PRB Jatim) dan Perkumpulan Jamaah ngaji Bencana Jangkar Kelud berkolaborasi adakan  kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).  Yang dilaksanakan di MTs Sunan Ampel Desa Siman, Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Senin (22 /01/2024). 


Menurut Ketua Forum PRB Jatim Catur Sudharmanto yang juga Alumni MMB UPN Negeri Veteran Yogyakarta, "Kegiatan ini  sudah merupakan pertemuan ke 4, agar berjalan efektif  peserta dibagi menjadi 2 kelas. Yaitu satu kelas pendidik/guru, yang melakukan Focus Group Discussion (FGD), tentang Kesiapsiagaan Pra, Saat dan Pasca Bencana.  Sesuai hasil identifikasi potensi ancaman bencana di lingkungan sekolah MTs Sunan Ampel Desa Siman.”


“Untuk kelas siswa, yang melakukan kegiatan FGD lanjutan tentang Kajian Risiko Bencana di Sekolah. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok, yang masing-masing kelompok mendiskusikan terkait, kapasitas, kerentanan, penilaian tingkat risiko, dan karakter ancaman/bahaya. Output dari kegiatan ini adalah dokumen Kawasan Rawan Bencana (KRB) Sekolah, “tuturnya.


Kegiatan berlangsung mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB, pertemuan ke 5 akan dilaksanakan minggu depan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Sekolah.

Muda'i, S.Ag Kepala MTs Sunan Ampel menyampaikan kepada semua peserta, "Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua, maka dari itu ayo kita ikuti dengan seksama dan serius, sebagai upaya membangun kesiapsiagaan, apabila ancaman itu benar-benar terjadi maka kita sudah siap, bahkan sampai pada upaya pemulihan pasca bencana."


Selain Kepala Sekolah, Guru, Staf sekolah, siswa-siswi, kegiatan ini juga melibat penjaga sekolah, keamanan, penjaga kantin, komite sekolah dan perwakilan wali murid serta perwakilan masyarakat di sekitar sekolah.(Sur)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment