News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siswa SMA Cita Hati Surabaya Lakukan Kunjungan Ke Desa Bulukerto

Siswa SMA Cita Hati Surabaya Lakukan Kunjungan Ke Desa Bulukerto

 Kota Batu Jawa Timur – Siswa-siswi kelas 11 SMA Cita Hati dari Surabaya mengadakan kunjungan ke Komunitas Duta Dewa Dewi Ramadaya Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur Rabu, (11/1/2023). Komunitas Remaja Dewa Dewi Ramadaya (desa wisata agro desa wisata industi ramah anak dan berkebudayaan) merupakan dampingan Yayasan Alit Indonesia. Komunitas ini selain bergerak di desa wisata juga melakukan gerakan pendampingan dan perlindungan terhadap anak. Kedatangan rombongan yang terdiri dari siswa dan guru sejumlah 128 orang dalam rangka belajar bertanam tanaman hortikultura yang ada di Desa Bulukerto.

Koordinator Komunitas Duta Dewa Dewi Ramadaya Desa Bulukerto  Hidayat saat menyambut kedatangan rombongan tersebut menyampaikan, “Untuk efektivitas kunjungan dibagi dalam 2 grup dan per grub terbagi 5 kelompok. Grup A menuju tanaman toga, tanaman bunga Krisan, tanaman sayur Kale, tanam jenis  pepohonan dan ke sumber mata air Gemulo Desa Bulukerto. Grub B dengan tujuan ke tanaman bunga mawar, tanaman bunga Pikok, tanaman sayur sawi, peternakan kelinci dan berakhir di Sumber mata air Gemulo Desa Bulukerto juga. Mereka akan dipandu dengan beberapa orang pendamping selaku pemandu lapangan dari tim Duta Dewa Dewi Ramadaya Desa Bulukerto.”


“Grup A terdiri dari dari kelompok 1-5 naik bus mini (tayo) menuju lokasi tanaman toga, tanaman bunga Krisan, tanaman sayur Kale, dan tanaman jenis  pepohonan. Sesampainya di lokasi, Grup A mulai melakukan pengamatan apa saja yang ada di lokasi pertama dan sembari mendengarkan penjelasan dari kakak pendamping, serta mengambil sedikit sample tanah, air, serta tumbuh-tumbuhan untuk di jadikan sample bahan penelitian. Sedangkan Grup B yang terbagi 6-10 kelompok harus berjalan kaki ke lokasi pertama tanaman bunga mawar, tanaman bunga Pikok, tanaman sayur sawi, peternakan kelinci karena lokasinya dekat dengan titik kumpul. Meraka sesampainya di lokasi pertama, sembari melakukan pengamatan dan berfoto juga mendengarkan penjelasan dari pendampingnya, “tambahnya.


“Setelah dirasa cukup Grup A berpindah ke lokasi yang telah dikunjungi oleh Grup B, demikian pula sebaliknya Grup B berpindah ke lokasi yang telah didatangi oleh Grup A dengan mengambil sample tanah, air, dan tumbuhan di setiap titik lokasi untuk dilakukan penelitian. Selain itu mereka juga di perbolehkan untuk membawa beberapa tanaman untuk di bawa pulang seperti bunga-bunga dan sayur yang sudah di sediakan oleh panitia. Setelah ke Sumber mata air Gemulo Desa Bulukerto pada pukul 12.30 rombongan diajak menuju lokasi terakhir yaitu di Taman Kenanga untuk beristirahat dan menikmati makan siang. Setelah itu mereka naik bis mini (tayo) menuju ke parkiran bis untuk melanjutkan ke destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Wisata Batu, “pungkasnya. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment