News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BPS Kota Batu Mengadakan Peringatan Hari Statistik Nasional

BPS Kota Batu Mengadakan Peringatan Hari Statistik Nasional


Kota Batu Jawa Timur - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu Senin (26/9/2022) mengadakan apel peringatan Hari Statistik Nasional atau HSN yang diperingati setiap tanggal 26 September bertempat di Kantor BPS Kota Batu Jl. Melati No. 1 Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu. Selain diikuti oleh ASN dilingkungan BPS Kota Batu juga dihadiri oleh mitra Stratistik dari 3 kecamatan, yaitu kecamatan Bumiaji, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Batu. HSN diperingati untuk memaknai pentingnya peran statistik bagi pembangunan bangsa, salah satunya sebagai acuan bagi pengambil kebijakan untuk mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala BPS Kota Batu Drs. Parjan, MS.i dalam sambutannya atas nama Kepala BPS Pusat menyampaikan ucapan Selamat Memperingati Hari Statistik Nasional tahun 2022 kepada jajaran BPS dan insan statitik dimanapun berada. “Hari statistik nasional bukan perayaan bagi BPS saja tetapi merupakan hari peringatan bagi seluruh bangsa Indonesia karena statistik ada dimana-mana, di pemerintahan, di kampus-kampus, di lembaga swasta, perusahaan serta dimasyarakat umum. Oleh karena itu marilah kita sosialisasikan dan gaungkan bersama bahwa HSN adalah milik bangsa Indonesia, “tuturnya.


“Dalam upaya memberikan peran konkrit kepada negara, untuk bangkit, untuk sejahtera, adil dan makmur maka perlu mewujudkan statistik yang maju dan berkualitas yang terintegrasi pada segenap insan  statitik. 77 tahun sejak republik  ini berdiri statistik sudah berkontribusi lebih besar dalam turut menentukan arah pembangunan yang kita cintai. Selama itu pula BPS telah berubah, menjadi BPS sekarang ini dengan segudang prestasi dan capaian membanggakan baik ditataran nasional maupun internaional. Di tingkat nasional pada tahun 2022 saja sejumlah penghargaan telah diraih antara lain Piala Adi Cita Sewaka Pertiwi,  penghargaan kepatuhan tinggi tahun  2021 dari Ombudsman dan berhasil masuk dalam top 45 inovasi terbaik untuk integrated collection survey serta masih banyak lagi. Di tingkat global peran BPS juga semakin luas, BPS diberikan kepercayaan untuk menjadi sales dalam beberapa working grup. BPS juga berkontribusi nyata dalam upaya peningkatan kapasitas statistik SDM di negara-negara anggota OIC, ASEAN, Timor Leste dan seterusnya. Bahkan pada 7 sd 11 November 2022 mendatang BPS akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan The Seven International Conference Big Data and data sales for official statistic berkolaborasi dengan United Nation (UN) dan ADB, ”tambahnya.


“Capaian yang paling penting menurut saya adalah sampai detik ini data BPS masih terus dipercaya oleh para pengguna data, respon positif selalu datang baik dari pemerintah maupun para pemangku kepentingan lainnya. Kualitas data BPS tidak pernah diragukan lagi, bahkan ketika pandemi sekalipun yang mana keterbatasan dalam pengumpulan data begitu banyak kita temui, semua capaian ini harus kita syukuri dan lebih dari itu harus kita jadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.  Ini adalah wujud nyata peran serta dari teman-teman semuanya baik itu pegawai organik BPS maupun Mitra Statistik selama ini. Jangan beranggapan bahwa saya membantu survei BPS yang penting selesai dan beres. Bukan itu yang teman-teman mitra lakukan, selama ini membawa dampak luar biasa yang menghasilkan data statistik berkualitas serta bagi perencanaan bangsa khusunya wilayah Kota Batu, pungkasnya.


Sesuai dengan temanya pada tahun ini “Statistik Berkualitas, Bangsa Sejahtera”, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan reformasi sistem perlindungan sosial dengan kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) pada 15 Oktober-14 November 2022. Hasil Regsosek diharapkan dapat dimanfaatkan seluas-luasnya, terutama agar program intervensi pemerintah menjadi lebih tepat sasaran. Untuk itu, terima kedatangan petugas dan berikan jawaban yang benar dan jujur. Mencatat untuk Membangun Negeri. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment