News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum PRB Jatim Lakukan Nota Kesepahaman Dengan PWI Jawa Timur

Forum PRB Jatim Lakukan Nota Kesepahaman Dengan PWI Jawa Timur


 Surabaya Jawa Timur – Rapat koordinasi Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur telah berakhir Minggu saing (7/8/2022) bertempat di Grand Mercure Hotel, Jl. A. yani No. 71, Margorejo, Wonocolo, Surabaya.


Sebelum kembali kerumahnya di Kasembon Kabupaten Malang Sekjend Forum PRB Jawa Timur Catur Sudarmanto menyampaikan, “Kesamaan pandangan antara Forum PRB Jawa Timur dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur bahwa upaya pengurangan risiko bencana di Jawa Timur merupakan tanggung jawab bersama dalam kerangka pentahelix pengelolaan kebencanaan. Akhirnya ditandatangani MoU (Nota Kesepahaman) ini diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan. Salah satu isi kesepakatannya bahwa Forum PRB Jawa Timur wajib memberikan informasi dan data serta hal lain berkenaan dengan kebencanaan terutama pengurangan risiko bencana jika dibutuhkan oleh PWI Jawa Timur, yang telah diverifikasi secara resmi serta didasarkan pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan PWI Jawa Timur juga dapat memberikan sosialisasi, edukasi, dan informasi tentang jurnalistik dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Forum PRB Jawa Timur. Nota kesepahaman ini juga berlaku untuk Forum PRB di Kabupaten Kota di Jawa Timur.”


“Hal yang mengembirakan Rapat Koordinasi yang telah berlangsung 2 hari itu hasil yang kita capai diluar ekspektasi kita, karena ternyata materi-materi yang kita harapkan hanya sedikit gambaran draft yang kita bawa untuk turunan baku. Kita mendapatkan lebih dari itu bahkan kita mampu memetakan sumberdaya manusia yang kita miliki. Tidak hanya Forum PRB Jawa Timur juga Forum PRB Kabupaten Kota se Jawa Timur. Akhirnya kita mengetahui sumberdaya yang kita miliki, dimana saja dan dari situ akhirnya kita bisa berbagi peran, dan dari situlah kita bisa menyusun program dan menindaklajuti kedepannya, “tutur Mbah Darmo.


“Dalam waktu dekat kita selama 3 bulan kedepan harus sudah melakukan kegiatan dari pemetaan tadi, apa bila ada yang kurang dimiliki oleh teman-teman Forum PRB Jawa Timur juga Forum PRB Kabupaten Kota maka kita akan melakukan kegiatan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pelatihannya nanti bisa dalam bentuk Zoom Meeting atau mungkin hybrid dan kalau memungkinkan bisa secara tatap muka langsung, “tambahnya.


“Terimakasih untuk bagian kampanye dan publikasi atau tim media massa yang telah memiliki kreatifitas yang luar biasa dengan terobosan yang juga diluar ekpektasi kita. Ternyata teman-teman media begitu kreatif sehingga bisa membuat Zoom Meeting yang bisa diikuti beberapa anggota Forum PRB Kabupaten Kota atau BPBD Kabupaten Kota diluar undangan sehingga mereka tahu proses yang telah kita lakukan, “pungkas Catur Sudarmanto. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment