News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum PRB Bukan Saingan BPBD, Kata Direktur Kesiapsiagaan BNPB

Forum PRB Bukan Saingan BPBD, Kata Direktur Kesiapsiagaan BNPB

Surabaya Jawa Timur – Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Koordinasi Forum Pengurangan Risiko Bencana dengan tema Peneguhan Peran Strategis Forum PRB Jatim dalam Penanggulangan Bencana. Bertempat di tempat Grand Mercure Hotel, Jl. A. yani No. 71, Margorejo, Wonocolo, Surabaya Sabtu Minggu (6 s.d 7/8/2022) dengan agenda pelembagaan kemitraan multi pihak untuk penanggulangan bencana sebagai turunan dari Perda No. 3 tahun 2010  dan klaster dalam penanggulangan bencana. Peserta yang hadir sejumlah 100 orang terdiri dari pengurus Forum PRB Jawa Timur, anggota Forum PRB Jawa Timur, perwakilan Forum PRB Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan perwakilan pentahelix.

Sambutan Sekjend Forum PRB Jatim

Acara pembukaan Sabtu (6/8/2022) diawali dengan pembacaan do’a dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tangguh serta laporan panitia oleh Andika dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Sekjend Forum PRB Jawa Timur Catur Sudarmanto, S. Sos, M.M. B atau Mbah Darmo dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti berkenaan dengan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 3 tahun 2010 tentang Penanggulangan Bencana di Provinsi Jawa Timur, Kita mendorong adanya Peraturan Gubernur (PERGUB) kemitraan. Mempertegas peran-peran dalam klaster, mengingat masih banyaknya tumpang tindih peran klaster pada saat penanggulangan bencana (PB). Forum PRB Kabupaten/ Kota ada bukan karena keinginan tetapi karena adanya kebutuhan sesuai dengan UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penaggulangan Bencana. Untuk itu wujud partisipasi masyarakat dalam pengurangan risiko bencana diwujudkan dalam bentuk Forum PRB.”

Sambutan Direktur Kesiapsiagaan BNPB

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pangarso Suryotomo dalam sambutannya mengatakan, “Forum PRB bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur dapat mensuarakan pentingnya Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Masih ada 10 Kabupaten/ Kota yang belum terbentuk Forum PRB. Forum PRB seharusnya menjadi mitra dari BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/ Kota dimana bukan saingan dari BPBD. Jiwa kerelawanan dalam anggota forum sangat diperlukan, harus bisa mandiri karena Forum PRB ada karena kebutuhan.”

“Jawa Timur masih tertinggi kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kaki pada ternak sapi Red), Bagaimana peran Forum PRB dalam membantu sosialisasi di Kabpaten/ Kota? Pengurangan Risiko Bencana bukan hanya pada saat Pra Bencana, namun Pada saat Bencana dan Pasca bencana juga. Bagaimana forum dapat menjembatani penyelenggara pemerintah daerah? Bagaimana forum dapat memastikan sinergi multihelix? Salah satunya dengan penyusunan rencana kontijensi (renkon). Bagaimana mendorong kesepakatan-kesepakatan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana? “tambah Pangarso Suryotomo.

Foto bersama undangan dengan semua peserta

Sedangkan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Jawa Timur dalam sambutan dan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi FPRB Jawa Timur secara resmi. Menyampaikan, “Jawa Timur merupakan daerah dengan ancaman bencana yang tinggi. Kita dalam kondisi siaga, kesiapsiagaan menjadi yang utama, upayakan mencegah, Gunakan media sosial sebagai edukasi dan sosialisasi. Peran kita sebagai masyarakat untuk harmonisasi dengan alam dalam penanggulangan bencana, dimana bukan hanya responsif tetapi sudah saatnya untuk pencegahan. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.”

“Forum PRB penting, orientasi bukan hanya pada saat respon bencana. Penyelamatan yang utama pada saat terjadi bencana adalah tergantung pada personal/diri sendiri. Itu sebabnya pentingnya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat.” pungkasnya.

Penyerahan rompi forum PRB kepada Wakil Ketua PWI Jatim

Selanjutnya dilakukan penanda tanganan komitmen kesepemahaman (MoU), tanda tangan naskah kesepemahaman antara Forum PRB Jawa Timur dengan PWI Jawa Timur dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan rompi Forum PRB kepada perwakilan PWI Jawa Timur, Direktur Kesiapsiagaan BNPB dan Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur oleh Sekjend Forum PRB Jatim. (Erwin)


 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment