News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Relawan Merupakan Keharusan

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Relawan Merupakan Keharusan

 Surabaya Jawa Timur - Kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggota organisasi pastilah menjadi salah satu agenda utama yang diselenggarakan secara berkala dengan berbagai materi yang berbeda. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan jejaring individu atau kelompok.

Disisi lain kegiatan ini juga menjadi arena mempererat pertemanan dari relawan itu sendiri. Dari situlah pertukaran informasi dan berbagi pengalaman akan terjadi secara alamiah.

Beberapa waktu yang lalu Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur dilibatkan dalam upaya peningkatan kapasitas. Diantaranya menjadi narasumber pada acara simulasi PPGD untuk anggota Gerkatin, digandeng BPBD Kota Batu dalam acara workshop SPAB, dan pelatihan Jitupasna. Begitu juga dengan Forum PRB Kabupaten/Kota, ada yang telah aktif mengagendakan kegiatan peningkatan kapasitas untuk relawan di wilayahnya.

Sementara itu, BPBD Kota Surbaya juga melanjutkan program peningkatan kapasitas yang dulu menjadi agenda rutin dari BPB Linmas (Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat), dengan nama pembinaan potensi relawan.


Kegiatan ini pernah terhenti selama pandemi. Sekarang dimulai lagi dengan menyelenggarakan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana Kota Surabaya. Konon, akan ada lagi pelatihan dengan materi yang berbeda. Harapannya akan semakin banyak relawan anggota komunitas maupun organisasi yang mumpuni dibidangnya.

Untuk itulah BPBD Kota Surabaya menghimbau agar setiap materi pelatihan diikuti oleh relawan yang berbeda, untuk pemerataan kemampuan. Karena pernah terjadi, sebuah organisasi yang diundang mengikuti pelatihan dengan materi yang berbeda, hanya diwakili oleh relawan yang sama.

Begitu juga BPBD Provinsi Jawa Timur, walaupun pesertanya masih dibatasi sesuai anjuran protokol kesehatan, mulai menyelenggarakan pelatihan bagi relawan. Kali ini bekerjasa dengan sekretariat bersama relawan penanggulangan bencana, menggelar acara Personal Skills and Climber Rescue.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu (03/07/2022), mengambil tempat di halaman samping Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur. Dekat dengan tenda edukasi bencana (tempina). Disitu sudah ada fasilitas wall climbing yang masih jarang digunakan.


Kegiatan ini langsung disaksikan oleh Budi Santoso, kepala BPBD Provinsi Jawa Timur dan beberapa stafnya. Sekaligus memastikan bahwa kondisi tempina dan wall climbing layak untuk kegiatan yang diikuti banyak relawan.

Harapannya, kegiatan ini akan menginspirasi kamunitas atau organisasi yang lain untuk mengagendakan kegiatan peningkatan kapasitas secara mandiri yang bisa diikuti oleh banyak relawan. Salah satunya adalah Forum PRB Kota Malang yang tengah merancang sebuah agenda jambore relawan yang akan dipusatkan di komplek pangkalan TNI Angkatan Udara Abdul Rahman Saleh, Malang

Menurut seorang panitia yang enggan disebutkan jati dirinya, seandainya tidak dibatasi, pesertanya akan jauh lebih banyak. Mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan tatap muka langsung pasca pandemi.

Sementara, menurut Hamafi, yang juga anggota Jamaah LC, mengatakan bahwa kegiatan yang dipandu langsung oleh Asruri Syam, mendapat perhatian dari seluruh peserta. Cara menjelaskannya mudah dipahami dan gayanyapun sangat interaktif. Sehingga membuat peserta antusias untuk mencoba praktek sesuai arahannya.


“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk menambah wawasan terkait dengan kegiatan vertical rescue, sekaligus menambah kawan, mengingat acara ini banyak diikuti relawan muda dari berbagai organisasi, harapan saya kegiatan ini perlu diadakan kembali,” kata Hamafi, yang juga aktif di organisasi Ojek Online. [eB]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment