News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Posma Forum PRB Jatim, Melakukan Layanan Dukungan Psikososial Kepada Penyintas Bencana Semeru

Posma Forum PRB Jatim, Melakukan Layanan Dukungan Psikososial Kepada Penyintas Bencana Semeru

Saat game bersama ibu-ibu dan anak-anak

Lumajang Jawa Timur - Peristiwa bencana alam dapat mengganggu kondisi psikologis seseorang karena mengancam keselamatan jiwa dan menyebabkan hilangnya mata pencaharian. Ketidakseimbangan kondisi psikologis tersebut, tampak dari gejala-gejala seperti shock, mimpi buruk, sulit konsentrasi, cemas, dan perasaan tidak aman.

Untuk itulah relawan yang berada di Pos Bersama (Posma) Forum PRB Jawa Timur dalam kegiatannya di lokasi bencana, salah satunya adalah melakukan layanan dukungan psikososial (LDP) kepada penyintas di pengungsian, yang dikemas secara menarik.

Dijelaskan oleh Alfin saat di tempat pengungsian Candi Lor, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Rabu (12/1/2022), “Kami bersama mbak Anin dan beberapa relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) serta  seorang psikolog. Sebelumnya kami ngobrol santai, memperkenalkan diri, menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan kami, sambil menanyakan kabar serta kondisi mereka.”


Masih menurut Alfin pengurus Forum PRB yang membidangi peningkatan kapsitas, “Jika tidak segera didampingi, penyintas bisa mengalami kesedihan mendalam, merasa hampa dan tak berdaya, serta enggan bergaul, yang berdampak pada kesehatan mentalnya. Sasaran kegiatan LDP, disamping anak-anak, juga menyasar kaum perempuan dan laki-laki. Kegiatan  bermacam-macam. Untuk anak-anak, diajak membuat lingkaran sambil bernyanyi untuk membangun suasana agar mereka bergembira dan berani berekspresi.”

“Anak-anak diajak bermain, menari bebas, tebak-tebakan, fun game, serta diminta bercerita tentang lingkungannya yang dekat Semeru sesuai yang diketahuinya. Mereka juga disuruh bercerita mengungsi dimana dan apa saja yang dikerjakan selama mengungsi,” tambah Alfin.

Sementara, Anin Faros, di dampingi seorang psikolog, melakukan LDP kepada orang tua. Mereka diajak ngobrol tentang apa saja seputar bencana awan panas guguran gunung Semeru, serta rencana apa yang akan dilakukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dalam rangka pemulihan.

Selain memberikan LDP juga memberikan paket sembako kepada ibu-ibu, dan untuk anak-anaknya diberikan mainan, alat tulis, buku gambar, Snack, serta uang bagi yang aktif. [Zayn]

 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment